CLOSE
REFORMATA.COM
YouTube Facebook Twitter RSS

Konsultasi Kesehatan

Penderita Gagal Ginjal Kronis,Jangan Banyak Minum

Author : dr Stephanie Pangau | Tuesday, 03 March 2009 | View : 4518


dr. Stephanie Pangau, MPH

Dok, saya seorang pria usia 55 tahun, penderita gagal ginjal kronis ( GGK ) yang sudah 5 bulan dalam perawatan khusus dokter spesialis ginjal. Saya juga menjalani cuci darah seminggu sekali belakangan ini. Gejala-gejala yang saya alami sampai saat ini, malas makan, sering mual ,sakit di ulu hati, kulit badan kadang kadang terasa gatal-gatal, lekas sekali lelah, kurang darah dan pucat, jarang bisa buang air kecil, kaki dan tangan saya sering membengkak, badan pegal-pegal dan sering kesemutan, sering ngantuk dan sulit berkonsentrasi. Kadang, badan rasa gemetaran dan otot-otot kram. Dokter saya mengatakan memang bila seseorang terkena penyakit GGK maka sangat banyak sistem tubuh yang akan terganggu. Keadaan menjadi lebih baik bila selesai cuci darah.
Pertanyaan saya: 1) Dengan keadaan saya yang makin hari makin berat sedangkan nafsu makan saya sangat kurang, maka bahan makanan apa saja yang masih dianjurkan atau diperbolehkan untuk saya, dan bahan makanan apa saja yang tidak diperbolehkan bagi penderita GGK ? 2) Mengapa juga dokter mengatakan saya tidak boleh banyak minum..? 3) Kata sahabat saya sebaiknya saya minum jamu yang dia berikan pada saya untuk menyembuhkan saya, bolehkah Dok?
Gunawan
Jln. Gajah Mada
Jakarta

PAK  Gunawan yang baik. Saya
    ikut prihatin dengan keadaan Bapak dan berharap bisa ada perbaikan dengan kesehatan Bapak.  
1) Ternyata memang banyak penderita GGK yang menjadi parah dan berakhir fatal disebabkan infeksi karena nutrisi yang diberikan  tidak memadai atau pemberian gizi yang tidak pas, padahal masalah pengaturan gizi ini termasuk sangat penting dan signifikan bagi mereka yang sedang menjalani cuci darah seperti yang Anda alami. Memang tidak mudah juga untuk menyusun diet penderita GGK tetapi pengaturan diet sangat diperlukan oleh penderita dengan harapan perkembangan penyakitnya bisa menjadi lebih lambat, bahkan kalau memungkinkan tidak menjadi bertambah jelek.
Bahan makanan yang dianjurkan supaya bisa dicapai keberhasilan diet GGK sebagai berikut :
· Sumber protein: sebaiknya dipilih yang bernilai biologi tinggi misalnya: telur, susu, daging, ikan dan ayam.
· Sumber energi: seperti jagung, macaroni, nasi, mie, lontong, roti, minyak jagung, minyak kelapa sawit, minyak kacang, minyak kacang kedelei, madu, selai, sirop, mentega rendah garam dan lain-lain.
· Sumber vitamin dan mineral: semua sayur-sayuran dan buah-buahan kecuali bila orang sakit tersebut mengalami keadaan kalium yang meninggi dalam darah (hiperkalenia) maka perlu menghindari sayur dan buah yang tinggi kalium seperti pada sayur bayam, toge, kelapa dan pisang.

Makanan terlarang
Sedangkan bahan makanan yang dilarang bagi pasien GGK sebagai berikut:
Sumber protein: kacang-kacangan dan hasil olahannya misalnya kecap, tahu, tempe, kacang kedelai, kacang hijau, kacang tolo, juga hindari sumber protein nabati yang berasal dari tumbuhan karena mengandung fosfor yang cukup tinggi.
· Sumber vitamin dan mineral yaitu jangan memakan sayuran dan buah-buahan yang tinggi kalium  kalau orang sakit dalam keadaan hiperkalemia (kalium tinggi dalam darah).
· Jangan makan makanan yang diawetkan (seperti ikan asin, makanan kaleng)
· Jangan makan makanan yang mengandung zat pewarna yang berbahaya.
2) Pada keadaan sakit GGK seperti yang Bapak alami ini, Bapak memang dilarang minum banyak (termasuk minum air) karena keadaan ini bukannya akan menyembuhkan tapi justru akan menambah beban ginjal yang sudah tidak normal  kerjanya dan ini sangat berbahaya.
3) Pasien GGK tidak dianjurkan minum jamu bila tidak jelas kerja dan khasiatnya, karena ginjal yang sakit sebenarnya sangat perlu istirahat, masalahnya zat-zat aktif dalam jamu maupun hasil metabolismenya harus segera dikeluarkan, namun karena sakitnya ginjal mengalami kesulitan untuk melakukan proses pengeluaran ini secara normal, akibatnya keadaan sakit ginjal akan bertambah buruk dan seluruh tubuh bisa mengalami keracunan yang dapat berakibat fatal bagi si penderita.
Kiranya penjelasan ini bisa cukup dimengerti, Tuhan memberkati Bapak Gunawan.v
57
43 votes
1 2 3 4 5

Comments

Others

Archives :2014201320122011201020092008
Mata Hati
ilustrasi pendeta.jpg
Menapak tilas pelayanan Mikha bin Yimla, sang nabi yang sendirian karena mengatakan kebenaran, sangatlah menarik. Dalam rencana penyerbuan raja Aram untuk ..
Konsultasi Teologi
Gereja dan Politik,  atau Berpolitik.jpg
Follow Twitter bigmansiraitSyalom Pak Bigman Saya bersyukur atas kehadiran bapak sebagai Hamba Tuhan didunia politik, sehingga memberikan arahan yang ..
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2004-2014 Tabloid Reformata. All rights reserved .
Online Support :