CLOSE
REFORMATA.COM
YouTube Facebook Twitter RSS

Konsultasi Kesehatan

Lutut Bengkak dan Nyeri

Author : dr Stephanie Pangau | Tuesday, 01 Desember 2009 | View : 7933

dr. Stephanie Pangau, MPH Dok,
 
Reformata.com - saya perempuan usia 35 tahun dengan tinggi badan 165 cm dan berat badan 78 kg. Sejak kira-kira 3 bulan belakangan ini kedua lutut saya sering sekali terasa nyeri, terutama lutut kanan sampai bengkak dan sakit sekali sehingga sangat mengganggu dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Rasanya menderita sekali, Dok. Saya sudah ke dokter dan diberi beberapa macam obat yang agak menolong sesaat tapi begitu obat habis mulai lagi lutut saya bermasalah. Saya juga jadi kesulitan untuk naik dan terutama turun tangga karena lutut kanan akan terasa sangat sakit. Dokter menganjurkan supaya saya disuntik langsung pada lutut yang bermasalah (injeksi intra-artikuler), tapi saya belum berani. 
Yang ingin saya tanyakan: 1) Apa yang disebut dengan injeksi intra artikuler itu, Dok? 2) Apa saja yang bisa menentukan keberhasilan injeksi tersebut? 3) Apa saja efek samping atau komplikasi yang bisa terjadi dari injeksi intra-artikuler tersebut? Bagaimana cara mengatasinya? Atas jawabannya, saya ucapkan terimakasih.
Tita
Cikarang
 
YANG dimaksud dengan injeksi  intra-artikuler adalah melakukan penyuntikan sampai ke celah sendi yang umum-nya paling sering dilakukan pada sendi-sendi besar, walaupun bisa juga dilakukan pada hampir seluruh sendi termasuk sendi perifer.
1. Hal-hal yang bisa menentukan keberhasilan penyuntikan (injeksi) intra-artikuler, adalah: (i) ketepatan indikasi dan kontra indikasi (ii) ketepatan teknik menyuntik (iii) operator yang benar-benar mema-hami anatomi sendi orang sakit yang bersangkutan, operator yang juga memahami efek samping/komplikasi yang bisa terjadi
2. Komplikasi/efek samping yang bisa terjadi: (i) infeksi, tapi sangat jarang (ii) yang bersangkutan alergi terhadap bahan obat yang disuntik-kan (iii) pendarahan (iv) kerusakan rawan sendi (v) terjadi jaringan sinovial kristal oleh karena kortiko-steroid yang disuntikkan kurang kelarutannya (kurang encer) (vi) terjadi robeknya tendon/ligamen (vii) terjadi penekanan fungsi cortex adrenal.
3. Semua komplikasi atau efek samping tersebut bisa diatasi atau dikurangi dengan memperhatikan indikasi dan kontra indikasi yang tepat selain juga dengan melaku-kan prosedur secara benar 
Demikianlah jawaban kami, kiranya dapat memberi penge-rtian kepada saudari Tita. Tuhan memberkati.v
 

See Also

jQuery Slider

Comments

Copyright © 2004-2014 Tabloid Reformata. All rights reserved . Visit: 0 Since: ..
Online Support :