UPH Dan Seruni Gelar Pameran Seni Lukis Bernuansa Kekristenan

Author : Nick Irwan | Mon, 5 September 2016 - 16:55 | View : 517

Reformata.com, Tangerang- Fakultas School of Design (SoD) Universitas Pelita Harapan (UPH) melalui jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) menghadirkan pameran lukisan ‘Akulah Jalan’ dari para perupa komunitas Seruni  (Seni Rupa Kristen Indonesia).  Pameran lukisan tersebut sudah berlangsung sejak 29 Agustus dan akan berakhir pada tanggal 16 September 2016 mendatang. Pengunjung dapat melihat karya seni bernuansa kekristenan itu di Galery Pelita UPH gedung B Lt.1, kampus UPH, Tangerang.

Pameran lukisan ‘Akulah Jalan’ sendiri menghadirkan karya dari perupa Seruni yang terdiri dari Setiyoko Hadi, Tedianto Handoyo, Wisnu Sasongko, Daniel Jacre, dan Sugiri Wiliam. Karya-karya yang dipamerkan mengeksposisi pengalaman dan penghayatan iman Kristen yang bersumber dari kebangkitan Yesus Kristus, oleh karenanya tema yang diusung tidak jauh-jauh merupakan kepanjangan dari kalimat ”Akulah Jalan Kebenaran dan Hidup”.

Sugiri William salah satu perupa Seruni menjelaskan, maksud dari tema tersebut untuk menggambarkan bagaimana seni menyoroti kehidupan modern yang dipenuhi dengan kompleksitas keterikatan dunia material yang tidak pernah ada habisnya. Sementara dunia modern menawarkan kemajuan, kebaruan, kenikmatan demi memenuhi dunia eksternal manusia, tanpa bisa menjangkau kebutuhan mendasar menusia akan kerohanian.

Sementara itu, Setiyoko Hadi yang juga sebagai salah satu perupa dari komunitas Seruni  mengatakan bahwa pameran seni lukis yang dihadirkan oleh Seruni merupakan ekspresi Iman Kristiani yang dituangkan lewat sebuah seni. Diharapkannya pameran seni lukis yang dilaksanakan di UPH tersebut bisa menjadi berkat bagi banyak orang.

“Pameran ini memang sudah kesekian kali kami lakukan di UPH. Sebagaimana misi kami, melalui pameran ini kami ingin membagikan bagaimana mengekspresikan Iman Kristiani melalui seni rupa. Kami berharap minimal karya ini dapat dimengerti dan menjadi berkat. Dengan demikian para mengunjung dapat mengapresiasi, dan mampu memahami tema yang mengarah kepada Kristus,” ungkap Setiyoko seperti dalam rilis pers yang diterima redaksi Reformata.

Dalam acara pembukaan ini juga, Julia Tan mewakili seluruh anggota fakultas SoD berharap seluruh jajaran UPH dapat mengapresiasi pameran lukisan ini, dan dapat menginformasikannya kepada orang sekitar, mengingat pameran ini terbuka untuk umum.  

 

Komentar

Top