Di Australia, Gereja Menjadi Pelindung Umat Muslim

Author : Redaksi | Wed, 19 October 2016 - 19:20 | View : 893
ramadan.jpg
Ucapan Selamat Menjalankan Ibadah yang ditujukan kepada umat muslim, di papan pengumuman Gereja Anglikan Gosford, Australia. Foto: abcnews

Reformata.com- Sebuah cerminan yang sarat akan nilai kerukunan antar umat beragama ditunjukkan oleh sebuah gereja di Negara Bagian New South Wales, Australia. Gereja tersebut adalah gereja Anglikan Gosford yang menjadi buah bibir masyarakat internasional, karena tak segan menyuarakan dukungan bahkan memberi perlindungan bagi umat muslim Australia, tiap kali penganut agama tersebut mendapat tentangan keras dari kelompok intoleran yang ada di ‘Negeri Kangguru’ itu.

"Umat Kristen sangat mendukung umat Muslim di Australia. Tidak ada perbedaan besar antara agama satu dengan agama yang lain di Australia, khususnya di Melbourne," kata Pendeta Rob Bower dari Gereja Anglikan Gosford, seperti dilansir ABC International (14/10).

Di Australia sendiri penganut Kristen merupakan mayoritas, sementara umat muslim berjumlah hanya sekitar 2 persen. Meski minoritas, Islam telah dipandang sederajat oleh umat agama lain, termasuk oleh pemeluk Kristen. Namun, belakangan ini keberadaan umat Islam menjadi sorotan kalangan politisi maupun media massa di Australia. Salah satu penyebabnya adalah keberadaan gerakan yang mengatasnamakan Islam dan menebar ketakutan di kawasan Timur Tengah, yakni ISIS.

"Politik di Timur Tengah membuat Islam terkadang mendapat kesan yang buruk. Namun, saya memiliki cara agar Islam dapat dipandang positifnya," ujar Rob.

Merespon hal tersebut, Bower kerap kali memasang kalimat yang menyerukan nilai kerukunan dan perdamaian di papan pengumuman gerejanya. Sikap gereja Anglikan Gosford itu pun mendapat apresiasi sejumlah komunitas muslim, termasuk yang ada di kota Melbourne seperti Islamic Council of Victoria (ICV). Perlahan tapi pasti, upaya Rod Bower beserta Gereja Anglikan Gosford mulai membuahkan hasil. Pasalnya, sejumlah pemangku kebijakan di Australia mulai tergerak untuk menanamkan nilai kerukunan maupun perdamaian sebagai dasar dalam menjalin persahabatan antar umat beragama di Australia, khususnya kepada generasi penerus.  *Ronald

Komentar

Top