Gereja Ini Rusak Akibat Urine Manusia

Author : Chandra | Thu, 27 October 2016 - 18:30 | View : 918
Tags : Gereja

Reformata.com. Jerman- Sebuah bangunan gereja yang diklaim memiliki menara tertinggi di dunia, saat ini sedang menghadapi masalah serius. Gereja tersebut adalah gereja Ulm Minster yang terletak dikota Ulm, Jerman bagian Selatan. Secara perlahan bangunan yang memiliki nilai historis itu rusak akibat ulah manusia yang kencing sembarangan, seperti dilansir SuedwestPresse (25/10).

Kepala  pemeliharaan bangunan gereja Ulm Minster, Michael Hilbert, mengatakan bahwa dirinya telah melakukan pengamatan selama setengah tahun terakhir. Ia mendapati dinding gereja Ulm Minster yang dibangun  pada tahun 1377  itu terkikis sedikit demi sedikit akibat garam dan asam yang dikandung  dalam air seni dari para pengunjung, yang secara tak bertanggung jawab  melepaskan hajat mereka di bagian dinding gereja.

Sepanjang tahun, kawasan di sekitar gereja sering digunakan sebagai tempat untuk berbagai acara. Sebagai jalan keluar, Hilbert mendesak para pengelola acara menyediakan toilet gratis agar para pria tidak kencing sembarangan di dinding gereja. Namun sepertinya solusi itu tidak efektif.

Seorang juru bicara Dewan Kota mengatakan bahwa patroli polisi telah ditingkatkan sebagai respon atas kejadian tersebut. Namun hingga kini belum ada satu pun pelaku yang tertangkap basah. Sang juru bicara mengakui bahwa peningkatan denda juga tidak berdampak banyak dalam mengurangi perilaku tidak terpuji dari ‘pengunjung’ gereja Ulm Minster. Awal tahun ini, Dewan Kota Ulm sudah melipatgandakan denda bagi mereka yang tertangkap kencing sembarangan di seputar gereja menjadi 100 Euro, atau sekitar 1,4 juta Rupiah.

Ia menegaskan peran Dewan Kota bukanlah sebagai Pinkelpolizei  atau 'polisi kencing', namun untuk saat ini memang sangat dibutuhkan sebuah tindakan tegas untuk mengatasi masalah anti-sosial tersebut.

"Ini menyangkut penegakan hukum dan ketertiban," tegasnya.

Menara  Gereja Ulm diyakini sebagai bangunan gereja tertinggi di dunia untuk saat ini. Namun rekor tersebut kelak  akan dikalahkan oleh gereja Sagrada Familia di Barcelona, Spanyol. Pembangunan Sagrada Familia senidiri diprediksi akan selesai pada tahun 2026 mendatang. Saat rampung, maka menara  gereja yang arsiteki Antoni Gaudi itu akan menjulang hingga ketinggian 172,5 meter.

Editor: Ronald

Komentar

Top