Ini Tahapan Yang Harus Dilalui Lulusan SKM Untuk Masuk Di Teachers College UPH

Author : Ronald | Tue, 17 January 2017 - 21:47 | View : 366

Reformata.com, Jakarta- Akses terhadap pendidikan yang bermutu saat ini kian diminati oleh masyarakat luas. Keberadaan institusi pendidikan tinggi dengan tenaga pengajar yang berkompeten di bidangnya, serta dukungan sarana maupun prasarana pendidikan yang berkualitas, menjadi faktor untuk mendukung keberhasilan siswa demi menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Sebelumnya, sudah diberitakan, bahwa tahun ini Sekolah Kristen Makedonia (SKM) di Kalimantan Barat lewat kerjasama antara Yayasan Misi Kita Bersama (Yamika) dengan Teachers College Universitas Pelita Harapan (TC-UPH), telah berhasil mengantarkan sembilan siswanya untuk mengikuti seleksi masuk TC-UPH. Untuk sampai dalam tahapan seleksi tersebut, Yamika terlebih dahulu sudah melakukan road show guna menyaring siswa yang berprestasi.

Proses seleksi siswa berprestasi SKM untuk bisa masuk di TC-UPH dimulai melalui program road show yang dilakukan oleh Yamika di dua wilayah, yakni Kalimantan Barat dan Papua. Dari keterangan koordinator pelaksana program road show SKM, Bram Martin, proses seleksi yang dilakukan oleh SKM meliputi bidang akademis, psikotes, dan wawancara, dengan mendatangi langsung kediaman calon siswa berprestasi baik di Kalimantan Barat maupun Papua.

“Setelah lulus persyaratan akademis dan psikotes, tahap selanjutnya adalah wawancara. Saat proses wawancara, kita ingin melihat langsung kesungguhan dari calon siswa SMP dan SMA yang akan dididik di SKM, serta dukungan dari orangtua mereka,” ujar Bram kepada Reformata (17/1/2017).

Lebih lanjut, Bram menambahkan, para calon siswa berprestasi yang telah lulus seluruh tahapan seleksi penerimaan akan menjalani pendidikan di sekolah dan asrama SKM yang terletak di Ngabang, Kalimantan Barat. Ia kembali mengatakan, bagi mereka yang telah menjalani pendidikan menengah atas di SKM yang terjaring melalui program road show, selanjutnya diarahkan untuk menjadi guru dengan mengikuti seleksi masuk di TC-UPH,

“Diharapkan ketika lulus dari TC-UPH nanti para siswa berpretasi ini akan kembali ke wilayah mereka masing-masing untuk bisa berkarya nyata membangun bangsa melalui pendidikan,” imbuh Bram.

Sejak tahun 2006, Yamika bekerjasama dengan TC-UPH guna meningkatkan kualitas pendidikan di daerah-daerah yang mengalami ketertinggalan. Sejauh ini telah ada sebanyak 29 lulusan TC-UPH yang berasal dari SKM. Saat ini mereka berkarya di sejumlah daerah di Indonesia seperti Jakarta, Tangerang, Lampung, Medan, Nias, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur, dan Papua. *Ronald

Komentar

Top