Konser CoM UPH, Kembangkan Potensi Musisi Muda Melalui Orkestra

Author : Ronald | Wed, 8 February 2017 - 18:40 | View : 203

Reformata.com, Tangerang- Conservatory of Music Universitas Pelita Harapan (CoM UPH) kembali menyelenggarakan konser sekaligus menandai dimulainya kegiatan tahun baru bagi kampus UPH dan UPH Symphony Orchestra. Kali ini para mahasiswa dari CoM UPH tampil mempersembahkan karya Emperor Waltz, yakni salah satu karya standar dalam konser musik perayaan tahun baru di Vienna, Austria, dengan mengusung tema ‘BEETHOVEN AND THE ROMATICS’ yang dilangsungkan pada 26 Januari 2017, di Auditorium UPH D501. Tak hanya ingin menampilkan harmoni musik yang berkualitas, melalui kesempatan tersebut UPH berkeinginan untuk mengembangkan potensi dari para musisi mudanya, melalui komunitas orkestra.

Dari rilis yang diterima Reformata pada Rabu siang (8/2/2017), dijelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kali pertama CoM UPH mempersembahkan Shymphony Orchestra yang beranggotakan hampir seluruhnya dari mahasiswa CoM. Tak kurang 45 musisi membawakan 9 simfoni karya musisi dari abad 19, menggunakan 15 jenis instrumen musik yang mereka mainkan.

Sementara itu pimpinan konser UPH Symphony Orchestra pada pertunjukan ‘BEETHOVEN AND THE ROMATICS’, Michael B. Mulyadi, S.Kom., M.A, memuji kualitas yang ditunjukan oleh para mahasiwa CoM UPH. Menurutnya, kualitas para musisi muda tersebut sangat baik dan amatlah menjanjikan.

“ini adalah representasi talenta-talenta yang dimiliki oleh Indonesia yang kaya. Kami sangat bersyukur dapat dipercaya untuk mengembangkan potensi musik dari mahasiswa CoM UPH.  Proses seleksi yang dilakukan oleh CoM beserta dengan program-program yang dilaksanakan tentunya mendukung proses penjaringan bibit-bibit terbaik dalam bidang musik yang kemudian dipersiapkan untuk menjadi musisi yang handal,” kata Michael.

Menurut Michael, mahasiswa yang tergabung di Symphony Orchestra tak hanya berpotensi dan memiliki talenta di bidang musik. Namun, ia berpandangan bahwa mereka juga memiliki dedikasi dalam setiap peranan dan jabatan  di dalam orkestra maupun secara organisasi. Ini terlihat dari peforma yang mereka tunjukan di dalam konser tersebut.

“Tapi bagaimanapun dalam peran mereka sebagai mahasiswa musik, mereka terus dilatih untuk mengembangkan potensi mereka agar optimal dan dipersiapkan menjadi lulusan yang dapat dibanggakan. Selain itu orkestra juga mendorong agar mereka menumbuhkan sikap profesional dan disiplin sebagai seorang musisi,” imbuhnya.

UPH Shymphony Orchestra adalah sebuah orkestra komunitas yang beranggotakan musisi muda yang bertalenta di lingkup UPH maupun sekitarnya. Oleh karena itulah setiap mahasiswa CoM pun dilatih untuk menjadi role model sekaligus juga kolega yang hangat bagi anggota orkestra UPH yang berasal dari luar komunitas CoM. Baik Michael maupun CoM UPH berharap orkestra ini terus berkembang dan melebarkan sayapnya, sekaligus menjadi kebanggaan tersendiri bagi Universtas Pelita Harapan sebagai institusi pendidikan tinggi terkemuka di Indonesia.

Rencananya pada bulan Juni mendatang Symphony Orchestera akan kembali mempertunjukan kebolehannya. Pergelaran tersebut bersamaan dengan rencana CoM yang akan menyelenggarakan kegiatan Concerto Competition, di mana para bibit terbaik CoM akan diberi kesempatan untuk menampilkan musik dengan iringan Symphony Orchestra.

Komentar

Top