Tingkatkan Peran Pelayanan, HKBP Wilayah III Selenggarakan Seminar Ekklesiologi

Author : Ronald | Fri, 21 April 2017 - 18:03 | View : 119

Reformata.com, Pematangsiantar- Gereja sering digambarkan sebagai satu kesatuan tubuh Kristus. Maka dibutuhkan sebuah sinergi di antara para pelayan, pekerja, dan jemaat, agar gereja mampu memaksimalkan perannya di dunia pelayanan. Dalam rangka memaksimalkan peran seperti itu pula pada Kamis (20/4/2017), gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) menyelenggarakan “Seminar Ekklesiologi HKBP Wilayah III”. Bertempat di Sapadia Hotel Siantar, Pematangsiantar, seminar tersebut dibuka langsung oleh Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing, usai didahului dengan ibadah yang dilayani oleh Praeses HKBP Distrik XIII Asahan-Labuhan Batu Pdt. Bernard Manik S.Th sebagai pengkhotbahnya.

Dikutip dari laman web resmi HKBP, hkbp.or.id, seminar itu dihadiri oleh sejumlah perwakilan HKBP yang datang dari Distrik V Sumatera Timur, Distrik VII Samosir, Distrik XIII Asahan-Labuhan Batu, Distrik XIV Tebing Tinggi-Deli, serta Distrik XXIV Tanah Jawa dengan total 170 orang utusan.

Seminar ini untuk memenuhi keputusan Sinode Godang HKBP ke 63 pada 12-18 September 2017 di Seminarium Sipoholon yang memutuskan untuk mengamandemen AP HKBP 2002 setelah Amandemen II, dengan ketentuan setelah Komisi Teologi HKBP mengadakan Seminar Ekklesiologi HKBP sebagai bahan masukan untuk amandemen AP tersebut. Untuk menindaklanjuti keputusan Sinode Godang itu, diadakan rapat bersama antara Komisi Aturan Peraturan HKBP dan Komisi Teologi pada 10 Pebruari 2017 di Kantor Pusat HKBP untuk membahas dan menetapkan pelaksanaan seminar teologi yang dimaksud,” kata laman resmi dari gereja terbesar se-Asia itu.

Dilaporkan pula melalui seminar itu para peserta diharapkan berkontribusi untuk memberikan pandangannya atau pendapat teologis tentang Ekklesiologi HKBP. Nantinya, masukan-masukan tersebut akan menjadi wacana melalui sejumlah tahap seperti Rapat Pendeta, Rapat Praeses, Rapat MPS (Majelis Pekerja Sinode), Penjemaatan di jemaat, dan Sinonde Godang (Sidang Sinode) Amandemen yang rencananya akan dilangsungkan di tahun 2018 mendatang.

Seminar Ekklesiologi yang diadakan di Pematangsiantar ini merupakan rangkaian seminar terakhir dari lima acara serupa yang telah lebih dahulu diadakan di Silindung, Jakarta, Pekanbaru dan Medan. Selain Pdt. Dr. Darwin Lumantobing, rangkaian seminar tersebut turut menghadirkan penceramah Ephorus (Emiritus) HKBP Pdt. Dr. Bonar Napitupulu. Seminar Ekklesiologi HKBP Wilayah III ini dimoderatori oleh Kepala Biro Caritas Pdt. Tendens Simanjuntak S.Th.

Komentar

Top