Paus Kritik AS Karena Gunakan Kata" Ibu" Sebagai Nama Bom

Author : Ronald | Mon, 8 May 2017 - 17:56 | View : 234

Reformata.com, Vatikan- Pemimpin tertinggi umat Katolik, Paus Fransiskus, menyampaikan kritiknya kepada Angkatan Udara Amerika Serikat (US Air Force) karena menggunakan kata “Ibu” sebagai nama dari sebuah bom yang mereka jatuhkan di wilayah yang diduga menjadi pertahanan pejuang ISIS, di bagian Timur Afganistan, bulan lalu.

Dikutip dari Reuters, kritik yang disampaikan Paus itu merujuk kepada keberadaan GBU-43 MOAB (Massive Ordnance Air Blast), yakni sebuah bom non-nuklir yang pertama kali dikembangkan oleh Angkatan Udara AS ditahun 2003. Karena memiliki daya ledak yang menakutkan Angkatan Udara AS kemudian menjuluki bom seberat 9,5 Ton itu sebagai “Ibu dari Segala Bom”.

“Saya merasa malu ketika mendengar nama itu,” ujar Paus Fransiskus saat beraudiensi dengan umat Sabtu silam (6/5/2017).

Di kesempatan itu Paus lanjut menuturkan bahwa kata “Ibu” tak seharusnya digunakan sebagai nama dari sebuah senjata, mengingat peranan seorang ibu sangatlah berbanding terbalik dengan fungsi sebuah bom yang hanya membawa kematian.

“Seorang ibu memberikan kehidupan, dan yang ini (bom) memberi kematian, dan kita menyebut senjata ini ‘ibu’. Apa yang sedang terjadi?” tutur Paus lebih lanjut.

Komentar

Top