CLOSE
REFORMATA.COM
YouTube Facebook Twitter RSS

Konsultasi Kesehatan

Agar Bisa Haid, Selaput Dara Dilobangi

Author : dr Stephanie Pangau | Thursday, 25 Agustus 2011 | View : 3957

dr. Stephanie Pangau, MPH

Dokter Stephanie yang saya hormati, saya mau bertanya tentang keadaan puteri saya yang saat ini berusia 11 tahun. Kira-kira 1 minggu yang lalu dia menunjukkan tanda-tanda sakit perut bagian bawah yang seperti orang akan haid (ini pertama kali untuk dia). Tetapi sudah 3 hari dia sakit perut tidak ada darah yang keluar, sehingga saya membawa dia ke dokter umum. Setelah diperiksa,  dokter tersebut mengatakan benar anak saya mengalami menarche (haid pertama kali). Tetapi selaput dara putri saya tidak punya lubang sama sekali untuk jalan keluar haidnya, sehingga tindakan yang harus dilakukan oleh dokter untuk kasus anak saya adalah dengan operasi kecil yaitu membuat lubang pada selaput daranya.
Pertanyaan saya: 1) Bahayakah tindakan dokter itu? 2) Apa akibatnya bila anak saya tidak dilubangi selaput daranya? 3) Apakah selaput dara itu ada bermacam-macam bentuknya? Atas jawaban Dokter, saya ucapkan terima kasih.
Ibu Claudia
Penggilingan, Jakarta Timur

IBU Claudia yang terhormat, Ibu perlu mengerti kalau selaput dara (yang disebut hymen) pada anak perawan, bentuknya bisa bermacam-macam. Normalnya ada yang berbentuk seperti bulan sabit, ada yang berbentuk seperti saringan yang berlubang-lubang kecil, ada yang bersekat (ber-septa), ada berbentuk cincin (annular) dan macam-macam yang lain. Dan itu jelas berbeda dengan bentuk selaput dara perempuan yang sudah pernah melakukan hubungan suami-istri (selaput dara sudah robek) dan juga berbeda dengan selaput dara yang sudah pernah dilewati persalinan.
Pada kasus putri Ibu, ada kemungkinan selaput daranya tidak berlubang sama sekali (imperforate hymen) seperti hasil pemeriksaan dokter. Makanya jalan keluar satu-satunya supaya darah haid putri Anda bisa keluar, harus dengan tindakan pembuatan lubang pada selaput dara-nya. Tetapi tidak usah takut, karena tindakan ini tidaklah berbahaya untuk dilakukan. Dokter/ dokter kandungan Anda pasti tahu cara terbaik secara medis untuk melakukannya.
Karena bila hal itu tidak dilakukan, maka darah menstruasi tidak akan bisa keluar dan hanya akan mengumpul dan tertampung di vagina sehingga akan terbentuk tumor yang kebiru-biruan warnanya.
Jika keadaan ini telambat diantisipasi, darah haid tadi akan mengendap dan menggantung di bagian kiri dan kanan rahim, sehingga saat dilakukan pemeriksaan pada dinding perut akan teraba adanya tumor atau benjolan.
Saran saya, supaya Anda membawa lagi putri Anda ke dokter setelah Anda memberikan keterangan-keterangan secara bijaksana yang bisa dipahami oleh putri Anda sehingga dia tidak ketakutan. Yang pasti itu semua  demi kebaikannya di waktu yang akan datang. Sekian dan Tuhan memberkati.v

See Also

jQuery Slider

Comments

Arsip :2014201320122011201020092008
Mata Hati
ilustrasi pendeta.jpg
Menapak tilas pelayanan Mikha bin Yimla, sang nabi yang sendirian karena mengatakan kebenaran, sangatlah menarik. Dalam rencana penyerbuan raja Aram untuk ..
Konsultasi Teologi
kekecewaan-hidup.jpg
Follow Twitter bigmansiraitCHARLIE yang dikasihi Tuhan, memahami hidup ini secara utuh bukan hal yang mudah, apalagi untuk mengerti secara tuntas apa yang ..
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2004-2014 Tabloid Reformata. All rights reserved . Visit: 17.030.162 Since: 14.11.05
Online Support :