CLOSE
REFORMATA.COM
YouTube Facebook Twitter RSS

Konsultasi Kesehatan

Ada Kista Di Ginjal Suami Saya

Author : dr Stephanie Pangau | Thursday, 30 Agustus 2012 | View : 7855

dr. Stephanie Pangau, MPH

Dok, saya mau bertanya tentang adanya 1 kista di ginjal kanan suami saya sebesar kira-kira 3,5 cm. Kehadiran kista itu baru ketahuan  sekitar 6 bulan yang lalu saat suami melakukan check-up kesehatan dan sekalian dilakukan USG (ultra sonografi) abdomen. Suami berusia 42 tahun.
Sampai saat ini belum ditindak apa-apa karena menurut dokter selama tidak ada gangguan atau keluhan tidak perlu dilakukan apa-apa.
 
Pertanyaan saya:
1. Apa tanda-tanda adanya kista ginjal pada seseorang?
2. Bisakah penyakit ini diobati atau dihilangkan tanpa operasi?
3. Apakah bila bertambah besar kistanya bisa menimbulkan rasa sakit atau            komplikasi?
4. Bagaimana cara mengatasi penyakit ini?
 
Salam Kasih,
Ny Eddie P, Bandung.

 

1. Umumnya jarang dijumpai tanda-tanda klinis yang jelas pada penderita kista ginjal.
Kista ginjal sering ditemukan secara tidak disengaja, misalnya saat dilakukan USG,        CT scan, atau urografi karena ada masalah lain dengan organ-organ dalam perut.
Tetapi kadang-kadang  kista yang membesar akan memberi keluhan seperti terasa ada yang mengganjal (adanya massa) atau ada rasa nyeri pada daerah pinggang atau perut. Bisa juga tanpa sengaja terjadi pecahnya kista ginjal tersebut akan menyebabkan buang air kecil berdarah karena kista yang robek ke dalam collecting system di ginjal, bisa juga terjadi kenaikan tekanan darah karena iskhemik segmental ataupun adanya bendungan atau penyumbatan.
2.Pertanyaan nomor 2 dan 4 akan saya jawab bersamaan.  Penanganan kista ginjal biasanya dilakukan dengan cara konservatif sambil tetap dipantau secara klinis ataupun dengan pemeriksaan penunjang lain secara berkala. Tapi bila sudah timbul keluhan atau komplikasi bisa dilakukan aspirasi cairan kista dengan tuntunan USG disertai pemberian obat ataupun dengan operasi pada kista yang besar karena pada beberapa kista ginjal yang besar seperti itu cenderung mengarah pada keganasan.
 3. Sepertinya untuk pertanyaan ini sudah terjawab pada pertanyaan no. 1 ya bu Eddie. Namun akan kami tambahkan penjelasan yaitu kista ginjal adalah tumor jinak yang paling sering dan terbanyak di ginjal. Namun umumnya sekitar 70% dari kista tidak memberi keluhan. Angka kejadian suka meningkat sesuai umur, misalnya pada usia 40 tahun sekitar 20 % mempunyai kista ginjal dan  30% pada usia 60 tahun ke atas.
 Kista ginjal bisa dibagi dalam beberapa bentuk yaitu ginjal dengan multikistik, polikistik dan kista tunggal (soliter) seperti pada suami Anda. Rasa nyeri bisa terjadi apabila letaknya pada posisi tertentu sehingga terjadi penekanan pada ureter atau pelvis yang menyebabkan terjadinya obstruksi dan terus berlanjut menjadi hidronephrosis. Apabila terjadi benturan pada kista dapat menimbulkan perdarahan ke dalam kista sehingga terjadi distensi dinding kista dan nyeri yang ditimbulkannya akan lumayan parah, apalagi kalau terjadi infeksi bisa benar-benar menimbulkan nyeri yang suka disertai demam sebagai komplikasi.
 
Demikianlah jawaban kami. TUHAN memberkati.
 
 

See Also

jQuery Slider

Comments

Arsip :2014201320122011201020092008
Mata Hati
umat-dan-pembelajaran--politik.jpg
Pdt. Bigman SiraitFollow bigmansiraitFinal sudah PilPres 2014, setelah tanggal 21 Agustus 2014, MK mengetok palu menolak gugatan Prabowo Hatta. Ini meneguhkan ..
Konsultasi Teologi
hak-kesulungan.jpg
Pdt.Bigman SiraitFollow     bigmansiraitKejadian 25:29-34, menceritakan tentang bagaimana Yakub meminta kepada Esau untuk menjual hak ..
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2004-2014 Tabloid Reformata. All rights reserved . Visit: 17.374.563 Since: 14.11.05
Online Support :