Seruni, Memberkati Lewat Karya Seni Rupa

Penulis : Redaksi | Thu, 8 September 2016 - 22:52 | Dilihat : 495

Reformata.com, Tangerang- Berbagi berkat bisa dilakukan dengan pelbagai cara. Salah satu cara yang tak biasa dalam membagi berkat kepada banyak orang dapat kita lihat  dari apa yang dilakukan oleh Seruni, sebuah komunitas yang ingin memberkati serta menyatakan kesatuan Tubuh dan Kasih Kristus di tengah dunia kepada banyak orang, lewat karya seni rupa.

“Seruni sendiri merupakan singkatan dari ‘Seni Rupa Kristiani Indonesia’. Dari situ saja memang sudah jelas jalurnya, berbicara mengenai sifat Kristiani,” ujar salah seorang perupa Seruni, Setiyoko Hadi, di lokasi pameran seni Kekristenan bertema ‘Akulah Jalan’, bertempat di Galery Pelita, Universitas Pelita Harapan (UPH), Tangerang (8/9).

Berangkat dari tema-tema rohani, para perupa Seruni yang berasal dari pelbagai daerah yang berbeda berupaya menjadi ‘garam dan terang’ bagi banyak orang. Menurut Setiyoko meski mengusung tema Kristiani, karya yang mereka hasilkan tak selalu menggambarkan figur Yesus semata, namun seringkali terinspirasi dari nilai dan pekerjaan yang dilakukan Kristus selama di dunia.

“Kita berusaha untuk fleksibel dalam mengekspresikan konsep Kristiani,” tutur Setiyoko.

Melalui sapuan cat di atas sejumlah medium, perupa Seruni ‘berbicara’ kepada banyak orang tentang apa itu makna Kasih dari Sang Juruselamat kepada umat manusia. Demi memudahkan penyampaian pesan itu, Seruni kerap menggandeng gereja dan institusi Kristen dalam setiap pameran mereka.

“Diawalnya memang kita membatasi untuk penyelenggaraan pameran, karena waktu itu kita adalah komunitas baru. Jadi kita ingin membatasi untuk berpameran dilingkungan Kekristenan dulu, seperti gereja. Tetapi mulai tahun kemarin kita mulai berpartisipasi untuk pameran di lingkup yang lebih luas,” tutup pria kelahiran Solo yang pernah mengenyam pendidikan seni di Fakultas Seni Rupa Institut Teknologi Bandung, itu.

Sebelumnya diberitakan bahwa komunitas Seruni bekerjasama dengan jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas School of Design, UPH, menggelar pameran lukisan sejak 29 Agustus lalu.  Pameran ini akan berakhir pada tanggal 16 September 2016 mendatang. Pengunjung dapat melihat belasan karya seni bernuansa Kekristenan itu di Galery Pelita, gedung B, Lantai 1, kampus UPH, Tangerang.  *Ronald

Lihat juga

jQuery Slider

Komentar

Top