Mengenal Kabupaten Sipoholon, Tempat Sinode Godang HKBP Ke-63 Berlangsung

Penulis : * | Wed, 14 September 2016 - 18:20 | Dilihat : 1369

Reformata.com. Tarutung- Kecamatan Sipoholon terkenal dengan sebutan Rura Silindung Nauli atau lembah Silindung yang indah. Saat ini, Sipaholon menjadi pusat perhatian dari jutaan Jemaat HKBP, hal itu dikarenakan Kecamatan ini menjadi tuan rumah dari ribuan Sinodestan (peserta Sinode Godang) HKBP ke-63, sebuah perhelatan akbar untuk memilih calon pemimpin HKBP.

Terletak di sebelah Utara Kota Tarutung yang merupakan Ibukota Kabupaten Tapanuli Utara, Sipoholon secara geografis berada di tengah-tengah lembah. Sipoholon merupakan salah satu bona pasogit (kampung halaman) bagi mereka sebagian suku bangsa Batak yang berada diperantauan. Para wisatawan baik lokal maupun wisatawan asing yang berkunjung ke Sumatera Utara, tidak lengkap rasanya kalau tidak mengunjungi Kabupaten Sipoholon, salah satu objek unggulannya adalah pemandian air panas alami yang dihasilkan bumi yang telah dikelola dan dikembangkan sejak tahun 1976. Sepasang sumber mata air panasnya, dapat dilihat secara langsung oleh para pengunjung yang akan membuat kesan yang meyenangkan.  

Mayoritas mata pencaharian masyarakat Sipaholon adalah petani kopi, hasil bumi tersebut sebagian besar diekspor ke luar negeri. Selain dari hasil bumi itu, masyarakat di Sipoholon juga mempunyai usaha rumahan (Home Made Industri)  yaitu berupa makanan ringan (snack) salah satu produk unggulannya adalah kacang Sihobuk. Olahan makanan dari kacang tanah itu dikerjakan dengan cara sangat sederhana, kendati demikian kualitas dari rasanya tidak kalah dengan kacang yang diproduksi di pabrik. Kacang Sihobuk itu merupakan oleh-oleh khas dari Sipoholon.

Di desa Hutabagasan, Lumban Baringin, Sipoholon adalagi usaha  rumahan yang sudah lumayan terkenal yaitu pembuatan alat musik gitar. Gitar Sipoholon namanya, pembuatan gitar ini dikerjakan secara manual dan menggunakan alat-alat tradisional. Industri kerajinan gitar Sipoholon ini sudah tidak asing lagi bagi para pecinta musik di Tapanuli Utara atau mereka perantau dari Tarutung, gitar ini sudah diekspor hingga benua Amerika. (dbs).

*Nick Irwan

Lihat juga

jQuery Slider

Komentar

Top