Komunikasi Lintas Iman Penting Untuk Jaga Toleransi

Penulis : Redaksi | Wed, 26 April 2017 - 15:35 | Dilihat : 155

Reformata.com, Manado- Toleransi tidak bisa dibangun secara instan demi mewujudkan masyarakat yang hidup penuh dengan kerukunan. Untuk itulah komunikasi menjadi cara penting yang harus dilakukan oleh segenap elemen bangsa dalam mewujudkannyatakan kerukunan di tengah kemajemukan rakyat Indonesia. Pandangan itu datang dari Tokoh pemuda Kristen sekaligus Ketua Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia Sulawesi Utara (DPD KNPI Sulut) Jackson Kumaat.

“Kami akan sering berdialog, berdiskusi dengan seluruh organisasi-organisasi kepemudaan. Baik yang ada di keagamaan, itu kan ada Islam, ada Kristen, ada Hindu, ada Budha dan semuanya akan kita ajak diskusi dan memberikan pemahaman bahwa ini adalah murni demokrasi, kan seperti itu,” kata Jackson saat ditemui di lokasi berlangsungnya Pekan Kerukunan Nasional, di Kota Manado, Sulawesi Utara, Selasa (25/4/2017).

Ketika ditanya terkait kerukunan masyarakat Jakarta yang sempat koyak karena disebabkan oleh perbedaan pandangan saat begulirnya Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Gubernur Jakarta, pria yang akrab disapa Jacko itu juga sempat bertutur bahwa penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut turut membawa dampak yang sangat besar bagi kerukunan di Indonesia. Ia berharap setelah berakhirnya Pilkada DKI, baik pemenang maupun yang kalah dapat menyatukan kembali masyarakat Jakarta.

“Mudah-mudahan setelah Pilkada DKI kita rajut kembali (kerukunan). Pilkada DKI bagian dari demokrasi, pasti ada yang menang dan kalah. Nah kami berharap yang menang bisa merangkul semua, tetapi yang kalah juga tolong cepat-cepat bisa move on,” kata Jacko.

Dengan berlangsungnya Pekan Kerukunan Nasional di Sulut sekaligus pencanangan wilayah itu sebagai “Laboratorium Kerukunan Nasional”, Jacko berharap agar terobosan tersebut dapat diikuti oleh daerah lainnya di Indonesia.

“Pesan dari pemerintah Republik Indonesia sangat jelas, bahwa Sulawesi Utara menjadi laboratorium kerukunan nasional. Jadi kami berharap Sulawesi Utara bisa menginspirasi tempat-tempat lain. Ini penting karena kita merajut paska Pilkada DKI yang memang cukup melelahkan, berdampak secara nasional, bahkan internasional. Bahkan memberikan dampak juga di sekeliling kita,” tutupnya.  *Ronald

Lihat juga

jQuery Slider

Komentar

Top