Rumah Rasul Petrus Ditemukan?

Penulis : Slawi | Fri, 15 September 2017 - 11:59 | Dilihat : 350
foto-udara-el-araj-zachary-won.png
Foto udara el-Araj. (Sumber: Zachary Wong/National Geographic)

Reformata.com - Dunia kembali dihebohkan dengan kabar penemuan dari masa Yesus Hidup. Tak tanggung-tangung, dikabarkan para ilmuwan  berhasil menemukan rumah tiga Rasul Murid yesus.  Kabar ini, seperti ditulis Kompas, berawal dari rilis berita media-media asing, seperti Independent dan Fox News, yang mengabarkan sukses besar para arkeolog yang kemungkinan telah menemukan rumah dari ketiga murid Yesus, yakni Rasul Petrus, Rasul Andreas, dan Rasul Filipus.  Belakangan berita itu diluruskan.

Peneliti yang terlibat dalam penggalian di pesisir utara Laut Galilea tersebut membantahnya. Steven Notley, dosen Perjanjian Baru dan Asal-usul Agama Kristen di Nyack College dan ketua akademik di penggalian el-Araj menulis dalam e-mail ke National Geographic bahwa mereka tidak menemukan rumah para murid Yesus dan menulis judul tersebut.  Notley meluruskan kabar yang dilansir dari media Israel Hareetz tersebut dan berkata, bahwa apa yang mereka temukan di el-Araj adalah sebuah pemandian dari zaman Romawi (abad 1-3) yang menunjukkan bahwa situs tersebut pernah dihuni manusia, dan dugaan bahwa situs el-Araj adalah bekas kota Betsaida, kampung halaman ketiga Rasul.

Selain itu, para peneliti juga menemukan sisa-sisa gereja dari zaman Kekaisaran Romawi Timur berupa dinding dari abad ke-5 dan mosaik kaca. Mosaik semacam ini, menurut Notley, hanya ditemukan pada gereja-gereja penting pada zaman tersebut. Gereja tersebut diduga adalah gereja yang pernah dideskripsikan oleh Willibald, uskup Bavaria dari Eichstatt yang pernah berkunjung ke daerah tersebut pada tahun 725. Willibald melaporkan bahwa sebuah gereja di Betsaida telah dibangun di atas rumah Rasul Petrus dan Rasul Andreas. Namun demikian  Notley menegaskan, bahwa hal ini baru dugaan.

*Slawi

Lihat juga

jQuery Slider

Komentar

Top