Dirjen Bimas Kristen, Agama Apapun Hakikatnya Harus Mengajarkan Kasih Dan Perdamaian

Penulis : Candra | Wed, 22 November 2017 - 09:25 | Dilihat : 278
img-20171117-wa00061-1.jpg

Reformata.com. Ambon - Di depan pemuda dan mahasiswa, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama RI, Prof. Thomas Pentury mengingatkan, bahwa agama apapun di dunia ini pada hakikatnya mengajarkan tentang kasih dan perdamaian.

"Gerakan pemuda atau mahasiswa khususnya GMKI harus berperan menjaga keberagaman dan menjalin persatuan. Saya mengingatkan, agama apapun di dunia ini pada hakikatnya mengajarkan tentang kasih dan perdamaian. Pemuda menjadi generasi penerus yang harus selalu mengingat pentingnya perdamaian bagi peradaban Indonesia dan dunia,” ujar Thomas saat membuka acara International Interfaith Dialogue, yang diselenggarakan di Taman Budaya, Ambon. Kamis (16/11), lalu.

Dia menambahkan bahwa perbedaan di antara masyarakat dapat mengakibatkan gesekan seperti konflik agama, etnis, ataupun karena kesenjangan ekonomi.

Menurut mantan Rektor Universitas Pattimura ini,  beberapa tahun terakhir persoalan-persoalan yang terkait umat beragama dan antar agama menjadi perhatian berbagai kalangan termasuk pemerintah.

“Munculnya gejala-gejala dan kondisi harmonisasi kerukunan beragama. Berbagai bentuk dan varian diskriminasi sosial yang terjadi atas nama agama kemudian coba diselesaikan melalui kebijakan dan program pemerintah atau setidaknya kebijakan ini menjadi pendorong bagi terciptanya suatu kehidupan umat beragama yang harmonis dan membangun jaringan kerja sama antar umat beragama di seluruh Indonesia,” ujar Thomas

Menurut rilis pers GMKI yang diterima Reformata.com, kegiatan International Interfaith Dialogue dan Pertemuan Nasional Senior GMKI itu akan membahas hal-hal strategis dalam menjaga nilai-nilai toleransi dan perdamaian dunia.

Ketua Umum Pengurus Pusat GMKI, Sahat Martin Philip Sinurat menyampaikan bahwa kita harus mewujudkan masyarakat yang toleran dan damai agar kita bisa maju membangun peradaban bersama.

Hadir dalam kegiatan ini, Pdt. Albertus Patty, salah satu ketua PGI, Drs. Enggartiasto Lukita, Menteri Perdagangan. Irjen. Ronny F. Sompie dan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama RI, Prof. Thomas Pentury. Selain itu 24 peserta internasional yang berasal dari 19 negara, 115 peserta dari berbagai daerah dan organisasi kepemudaan dari seluruh Indonesia, serta 130 senior GMKI dari seluruh Indonesia.

*Candra

Lihat juga

jQuery Slider

Komentar

Top