KASAL TNI, Ade Supandi: Takwa Kepada Tuhan Harus Dimiliki Setiap Pemimpin

Penulis : Candra | Tue, 6 February 2018 - 12:52 | Dilihat : 146
kasal-tni-ade-supandi-takwa-ke.jpg

Reformata.com. Jakarta - "Takwa kepada Tuhan adalah hal yang paling utama dimiliki para pemimpin dalam membangun kebhinekaan dan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia."

Hal ini dikatakan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E,.M.A.P, sebagai keynote speaker dalam kuliah umum yang digelar Sekolah Tinggi Teologia Rahmat Emmanuel (STT REM). 

Dalam acara yang bertemakan “Millennial Leadership” yang digelar di STT REM, Jl Pelepah Kuning, Kelapa Gading, Jakarta Utara, (2/02) itu, Ade Supandi menjelaskan banyak tentang apa itu kepemimpinan. Salah satunya menyebut, bahwa kepemimpinan tidak lepas dari tiga faktor, yaitu Pengetahuan, Keterampilan dan Karakter. “seorang pemimpin harus memahami ke tiga faktor itu,”kata Ade Supandi.

Lebih lanjut tentang apa itu Pengetahuan, Ade Supandi menjelaskan meskipun orang sekarang lebih familiar dengan teknologi, namun memahami suatu teknologi tanpa dibekali dengan pengetahuan yang mumpuni, tidak akan bisa. Untuk itu, pengetahuan-pengetahuan yang sepadan itu harus diberikan kepada para generasi sekarang, jelasnya

"Pengetahuan yang paling gampang itu adalah sesuatu yang dapat dilihat, karena itu adalah konsep transformasi pengetahuan, metode itu harus dipahami. Apakah itu dengan mata, telinga dan tangan. Kalau suatu pengetahuan lebih gampang diterima dengan omongan, ya pakai omongan, kalau dia harus perbuatan, yang dengan contoh," terangnya.

Sementara itu, terkait dengan generasi milenial sekarang ini, KASAL menilai bahwa generasi ini cenderung manja dan tidak mandiri, padahal faktor kemandirian dan keterampilan sangat dibutuhkan dalam kepemimpinan.

“Para orang tua sekarang jarang melatih anaknya untuk bersikap mandiri sehingga ketika dewasa akan kebingungan menghadapi sesuatu. contohnya bagaimana pengusaha besar milik keluarga, banyak yang menjual perusahaannya karena anaknya tidak bisa melanjutkan bisnis tersebut” ujar KASAL.

Ade pun berpendapat bahwa hal yang tidak kalah penting dalam kepemimpinan jaman milenial adalah apa itu Karakter, dia meminta generasi sekarang ini agar membangun karakter yang baik dan kuat.

“Jika seorang tidak memilik karakter yang baik dan kuat, tidak akan berhasil untuk memimpin. Sikap karakter ini yang harus dibangun, kalau tidak kita akan selalu kalah. Di manapun kalau manusianya tidak punya kemampuan baik, tidak akan jadi pimpinan yang baik," kata Ade.

Candra

Lihat juga

jQuery Slider

Komentar

Top