Manajemen

Press Release

Penulis : Wisnu Sasongk | Tue, 30 March 2021 - 23:25 | Dilihat : 223
Tags : Seni Rupa

Setelah pertama tahun 2018, SAPA Kristiani kembali menggelar Festival Sastra & Rupa Kristiani 2020-2021. Festival dimulai November 2020 hingga Maret 2021. Festival ini berlangsung panjang oleh sebab pandemi yang merebak tahun 2020.

Tema Festival kali ini adalah Kau Rasa Beta Rasa. Frasa yang akrab dengan keseharian kita itu diilhami kutipan Galatia 6:2 dalam Kitab Suci yang berbunyi, Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu. Pada masa prihatin ini kita mengajak kalangan kreatif untuk menghadirkan karya mereka untuk berbagi rasa dan karsa dengan gereja dan masyarakat.

Festival ini bertujuan membangun komunitas Sastra dan Seni Rupa Kristiani selain membangun infrastruktur dalam lingkungan sastra -penulis, kritik, pembaca, penerbit- dan seni rupa -perupa, galeri, kolektor, juga budayawan dan teolog dalam komunitas Kristen, sebagai alternatif bagi umat dalam menggapai spiritualitas mereka melalui jalan seni dan estetika.

Festival mengadakan diskusi dan perbincangan dengan medium Zoom untuk kemudian diteruskan ke Facebook, Instagram dan Youtube. Selama 5 bulan Festival telah menghadirkan 45 narasumber yang terdiri dari penulis, perupa, pembaca, rohaniwan, pengajar, ahli filsafat, politisi, pengusaha dan awam. Terakhir, Festival menggelar Pameran Virtual dan Pameran di Grha PGI Jalan Salemba Raya 20 Jakarta Pusat. Pameran ini berlangsung mulai 27 Maret sampai 10 April 2020. Sejumlah 38 perupa mengambil bagian dalam Pameran di antaranya Mudji Sutrisno, SJ, Heru Susanto, dan lain-lain. Pameran menampilkan …. karya lukisan dan ….

Festival ini terbuka dan dapat dinikmati oleh siapa saja tanpa memandang agama dan status sosial. Kegiatannya antara lain Bahasa Latin & Pengajarannya, Perempuan & Lingkungan, Ilustrasi dalam Bacaan Anak yang Sulit, Holistik dalam Sastra, Seni Rupa & Sains, dan lain-lain. Pada Bancakan Puisi Membacakan Puisi-Puisi Fridolin Ukur (1936-2003) turut membaca Ketum PGI Pendeta Gomar Gultom, – Wisnu Sasongko (Ketua Panitia)

Lihat juga

Komentar


Group

Top